carawahyudi.blogspot.com

 

Mancing di perairan alam bebas memang menyenangkan sebab tantangan yang ada tak serupa dengan mancing di kolam pemancingan yang sudah disediakan ikan target. Sepertinya kok hanya main-main dan menipu diri sendiri. Ongkos memancing di perairan bebas pun murah namun sudah dapat menghilangkan kepenatan kerja selama sepekan. Lebih-lebih jika rumah anda dekat pantai, muara sungai atau aliran sungai. Umpan yang digunakan pun tak usah yang aneh-aneh, cukup menggunakan udang kecil, cacing laut atau bahkan cacing tanah. Air yang keruh dan hijau biasa ditemui pada lokasi perairan alam ini. untuk itu umpan jitu mancing ikan air hijau perlu dibuat untuk kesuksesan menangguk ikan pancingan yang banyak.


Bagi pemancing yang akan memancing di kolam yang memiliki sirkulasi air kurang baik dengan ditandai air kolam yang berwarna hijau maka penggunaan umpan dengan bau menyengat, apakah itu amis atau malah wangi akan menentukan keberhasilan memancing. Salah satu ikan air tawar yang senang hidup di air hijau dan cenderung keruh adalah ikan lele dan kadang ikan Mas pun ada yang terpancing di air hijau. Berikut adalah dua macam ramuan umpan jitu mancing ikan air hijau yang bisa anda buat sendiri di rumah :

1. Ramuan umpan Ikan Air Hijau I

Bahan-bahan yang diperlukan adalah : 2 sdm tombro kuning, 2 sdm susu dancow, kuning telur asin, ubi jalar matang warna orange atau putih, 1 kaleng ikan tuna deho, 2 sdm santan instan, 100 g kroto dan 3 cm halco jika ada. Langkah membuatnya, pertama ubi jalar diparut dan kemudian tambahkan tombro kuning, susu, kuning telur, santan dan tuna kalengan deho. Aduk-aduk hingga merata dan kukus selama 20 menit. Adonan kemudian ditaburi dengan kroto segar dan halco. Gunakan adonan umpan tadi pada air keruh berwarna hijau.

2. Ramuan umpan Ikan Air Hijau II

Bahan-bahan yang dibutuhkan berupa 2 bungkus pakan ikan merek jitu, 2 sendok makan pellet, 1 kaleng ikan sarden, kuning telur bebek yang matang dan 50 g kroto segar. Langkah pembuatannya : siapkan ikan sarden berikut kuahnya sedikit saja. Haluskan kuning telur bebek dan campurkan dengan ikan sarden. Tambahkan 2 bungkus pellet merek jitu dan encerkan dengan air bersih, aduk-aduk sampai merata. Selanjutnya tambahkan 2 sendok makan pellet merek shinta dan aduk-aduk lagi. Tambahkan sedikit air bila perlu. Bila akan digunakan, umpan diberikan taburan kroto segar.

3. Ramuan umpan Ikan Air Hijau III

Untuk ramuan ini sediakan 1 lembar keju, 8 sdm tepung ketan, 8 sdm tepung beras, 4 sachet susu bubuk, 400 gram kroto dan santan seperlunya. Cara membuat adalah : campurkan jadi satu semua bahan dan aduk-aduk hingga merata. Tempatkan adonan ke dalam kantong plastik dan kukus selama 20 menit. Angkat dan dinginkan.

Sumber: umpanmancingikan.blogspot.com

Post a Comment

 
Top